Kamis, 26 Februari 2015

Voli pantai

Voli pantai adalah variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri.
Voli pantai populer sebagai aktivitas rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, namun sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. Bahkan, olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut, seperti Swiss. Olahraga ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dan badan tertingginya adalah Fédération Internationale de Volleyball. Menurut peraturan resmi, voli pantai menggunakan dua orang dalam satu tim.
Jika dibandingkan dengan permainan olahraga voli indoor, voli pantai mempunyai lebih banyak faktor yang menyulitkan seperti: pasir, angin dan matahari. Para atletnya diwajibkan untuk menguasai permainan bola dan memiliki kecepatan. Kedua pemain harus mempunyai kemampuan yang sama satu dengan lainnya karena jika tidak, maka lawan akan dengan sangat mudah mengeksploitasi pemain yang lebih lemah.
Sistem Penilaian
Dalam pertandingan voli pantai terdapat tiga set dengan sistem rally point. Dua set pertama dimainkan hingga 21 poin dengan set penentuan hanya 15 poin. Tim harus memenangkan set penentuan tersebut dengan unggul dua poin dari lawannya. Tidak terdapat batasan nilai, pemenang akan ditentukan jika salah satu tim berhasil mendapatkan dua nilai terlebih dahulu.
Pada Olimpiade tahun 1992, voli pantai diperkenalkan dan mulai menjadi cabang olahraga resmi yang dilombakan pada ajang olahraga olimpiade tahun 1996.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar