Jumat, 20 Februari 2015

Posisi Geografis dengan Perubahan Musim di Indonesia

Sesuai dengan letak astronomisnya, Kepulauan Indonesia terletak di antara 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara Benua Asia dengan Benua Australia dan di antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia. Pengaruh dari letak geografis Indonesia, yaitu sebagai berikut.
a. Indonesia mendapat iklim muson sehingga Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau setiap enam bulan berganti. Iklim muson mempengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Adanya musim hujan dan musim kemarau menyebabkan adanya variasi pola tanam pertanian.
b. Indonesia dilalui garis khatulistiwa sehingga Indonesia mendapat panas sepanjang tahun dan tingkat penguapan di Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itu, Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis.
c. Indonesia terletak di antara dua samudra yang luas sehingga Indonesia mendapat iklim laut yang lembap.
Adapun hal-hal yang menyebabkan Indonesia mengalami iklim muson, yaitu sebagai berikut.
a. Letak kepulauan Indonesia di sekitar garis khatulistiwa dan wilayah tropis antara 23,5° LU dan 23,5° LS.
b. Perbedaan suhu daratan di Benua Asia dan di Benua Australia menyebabkan terjadinya pergantian arah angin dan perbedaan curah hujan. Perbedaan suhu daratan dapat terjadi karena pergeseran harian semu matahari.
c. Perbedaan banyaknya curah hujan oleh angin muson yang dikenal dengan musim hujan dan musim kemarau.

Perbedaan antara musim hujan dan musim kemarau di Indonesia dapat dilihat dari berbagai hal berikut.
a. Curah Hujan
Musim kemarau di Indonesia kadang-kadang masih turun hujan dengan intensitas yang sedikit. Oleh sebab itu, curah hujan di musim kemarau lebih rendah daripada di musim hujan karena intensitasnya sangat tinggi.
b. Arah Angin
Di Indonesia, arah angin pada musim hujan bertiup dari arah barat laut dan para nelayan menyebutnya angin musim barat. Pada musim kemarau, angin bertiup dari arah tenggara dan para nelayan menyebutnya angin musim timur.
c. Waktu
Musim hujan di Indonesia terjadi antara bulan Oktober sampai Maret, sedangkan musim kemarau terjadi antara bulan April sampai September.
Karakteristik iklim dan terjadinya musim di Indonesia yang waktunya tetap bermanfaat untuk menentukan musim tanam, musim panen, kegiatan para nelayan, target produksi, penentuan transportasi, dan manfaat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar