Kamis, 19 Februari 2015

Perilaku Menurut Al - Qur`an Surah Al – Insyirah

Perilaku yang dapat kita ambil dari makna yang terdapat dalam surah Al – Insyirah adalah
·        Bahwa Allah SWT telah membukakan hati Rasulullah untuk menerima cahaya ilahi, sehingga beliau mmiliiki kearifan, mmpunyai kelapangan hati untuk mnghadapi berbagai kesuliitan serta memahami hakikat kehidupan.
·        Bahwa Rasulullah pernah merasakan beban yang sangat berat dalam kehidupannya. Ditengah menghadapi beban tersebut Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk memberikan wahyu kepadanya. Dengan wahyu dari Allah SWT, Rasulullah mendapat pencerahan bagaimana menanggulangi umat islam yang diliputi kezaliman dan kebejatan moral. Apabila dibandingkan dengan masalah Rasulullah, masalah kamu tidak seberapa oleh karena itu apabila kamu menghadapi masalah baik dalam belajar, bekerja, atau dengan teman kamu harus sabar dan berusaha dan semaksimal mungkin agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan.
·        Bahwa Allah SWT telah meninggikan dan mengharumkan Rasulullah dan menjadi manusia pilihannya. Semua hamba Allah pasti akan diangkat derajatnya asalkan mau berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya.
·        Allah menerangkan bahwa setiap menghadapi berbagai kesulitan kamu harus yakin bahwa aka nada penyelesaian dan jalan keluarnya. Sesungguhnya bersama kesulitan itu pasti ada kemudahan.
·        Allah cinta kepada orang yang suka bekerja keras tanpa lelah berfikir tanpa henti ’’Khalifah Umar Bin Khatab berpesan, ‘’ aku benci melihat kalian tidak melakukan aktifitas yang menyangkut kehidupan dunia dan akhirat’’. Intinya islam tidak menganjurkan umatnya untuk berdoa tanpa usaha.
·        Kita harus selalu berharap kepada Allah dari usaha yang telah dilakukan dengan sungguh-sungguh, tentunya dengan doa dan ikhtiar.

1 komentar: