Jumat, 20 Februari 2015

Posisi Geografis Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terluas di dunia. Sebagai suatu negara kepulauan, Indonesia terletak pada suatu kawasan yang strategis.
Posisi Indonesia berdasarkan batas negaranya terletak pada batas-batas berikut.
1. Sebelah utara berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik.
2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Lorosa'e, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafura.
3. Sebelah barat dengan Samudra Hindia.
4. Sebelah timur dengan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Posisi geografis Indonesia terbagi atas letak astronomis, letak geografis, letak geologis, letak maritim, letak ekonomis, dan letak kultur historis.
Selain itu, letak geografis Indonesia juga berpengaruh pada perubahan musim di Indonesia.
1. Letak Geografis
Letak geografis suatu negara adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataannya pada permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Kepulauan Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
Pengaruh dari letak geografis Indonesia baik langsung maupun tidak langsung di antaranya berikut ini.
a. Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia.
b. Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia.
c. Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar.

2. Letak Astronomis
Letak astronomis suatu negara adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan titik di bumi barat dengan titik di bumi timur dan sejajar dengan garis ekuator. Garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kedua kutub bumi.
Letak astronomis negara Indonesia adalah antara 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT. Wilayah paling utara dan paling barat yang terletak pada 6° LU dan 95° BT ada di Pulau Weh di ujung utara Pulau Sumatra. Wilayah paling selatan pada 11° LS terletak pada Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur dan wilayah paling timur pada 141° BT terletak pada kota Merauke di Pulau Papua.
Berdasarkan letak astronomis tersebut, Indonesia dilalui oleh garis ekuator, yaitu garis khayal pada peta atau globe yang membagi bumi menjadi dua bagian sama besar utara dan selatan. Garis ekuator terletak pada garis lintang 0° dan disebut juga garis khatulistiwa atau garis lini.

3. Letak Geologis
Letak geologis adalah letak suatu negara dilihat dari keadaan batu-batuan yang terdapat dalam tubuh bumi. Batu-batuan yang terdapat di Indonesia sangat erat hubungannya dengan sistem pegunungan yang ada di Indonesia.
Daerah Indonesia bagian barat dilalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania yang sampai di Indonesia merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya dengan sifat batuannya basa. Daerah Indonesia bagian tengah dan timur dilalui oleh Deretan Pegunungan Sirkum Pasifik dengan sifat batuannya asam.
Pengaruh letak geologis terhadap letak geografis Indonesia di antaranya berikut ini.
a. Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang menyuburkan tanah di sekitarnya.
b. Sering terjadi gempa bumi terutama gempa bumi tektonik dan vulkanik.
c. Terdapat tempat-tempat yang kaya akan barang-barang tambang, seperti minyak bumi, batu bara, timah, dan bauksit.

4. Letak Maritim
Letak maritim adalah letak suatu tempat terhadap lautan. Pengertiannya adalah apakah tempat tersebut dekat atau jauh dari laut serta apakah sebagian atau seluruhnya dilingkungi oleh laut. Berdasarkan letak maritimnya, Indonesia dikelilingi oleh tiga lautan besar, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Laut Cina Selatan.
Pengaruh letak maritim terhadap letak geografis Indonesia di antaranya berikut ini.
a. Untuk mengawal perairan yang luas, Indonesia harus memiliki angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara yang tangguh.
b. Adanya usaha dan kegiatan pelayaran, perikanan, dan pelabuhan di wilayah Indonesia.
c. Dari segi ekonomi, Indonesia mempunyai potensi besar dalam mengembangkan usaha-usaha yang ditimbulkan oleh keadaan maritimnya.
d. Dari segi politik, Indonesia mempunyai arti politik dan keamanan yang penting bagi negara-negara tetangga.

5. Letak Ekonomis
Letak ekonomis adalah letak suatu negara dilihat dari jalur dan kehidupan ekonomi terhadap negara lain. Indonesia letaknya strategis dalam perkembangan ekonomi dunia karena hal-hal berikut.
a. Hasil tanaman tropis Indonesia sangat diperlukan oleh negara-negara industri maju. Misalnya, Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara Eropa.
b. Indonesia terletak di antara negara-negara industri dan negara-negara sedang berkembang.
c. Negara-negara industri banyak yang menanamkan modalnya di Indonesia secara kerja sama di bidang pertambangan, kehutanan, dan perkebunan.
d. Indonesia memiliki kemungkinan menjadi pasar dunia.

6. Letak Kultur Historis
Letak kultural historis adalah letak suatu negara dilihat dari perkembangan kebudayaannya. Indonesia banyak mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dari luar karena terletak di perempatan jalur lalu lintas dan merupakan daerah terbuka.
Pada saat ini, penampilan kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam merupakan salah satu unsur dalam memajukan kepariwisataan di Indonesia. Misalnya seni tari, seni musik, dan seni pahat yang dapat menciptakan lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar